Selasa, 10 April 2012

Psikotes PLN

hi teman teman kembali lagi dengan saya NORSA ALFI pemuda yang aga lieur (bingung ke indonesiakannya apa.)

kejadiannya 3 april 2012 jam 07.30 di itb aula barat.
sebelum ke tempat kejadian itu saya mulai belajar atau mencari informasi2 tentang psikotes di dunianya maya.ada beberapa persamaan dan perbedaan dalam psikotesnya, mungkin tiap tahun ada perubahan.kenapa saya begitu bekerja keras mencari informasi psikotes??? dikarenakan mungkin ini tahun terakhir saya untuk mengikuti lowongan dari pln ini.mari kita langsung aja dengan pengalaman saya.

pertama kali kita harus ngantri untuk mengambil kartu pesertanya dan menuliskan cv yang diberikan dari pihak pln.
setelah itu kita diberi 1 lembar kertas jawaban yang berisi sekitar 176 soal.tentang soalnya saya lupa lagi karna tidak tau apa nama2 tes tersebut.
ada yang meneruskan nomor, meneruskan gambar, memasangkan kata dan mungkin cukup mudah bila yang suka bermain game 'kata temanku itu juga'.
di kertas akhir ada kata2 yang harus dihapalkan dan nanti ada soal yang jawabannya dari kata2 tersebut, kita hanya perlu mengingat huruf pertama dari kata2 tersebut.ini kata2 yang saya alami.

*=lupa katanya
burung : elang , itik , * , nuri , *
kesenian : opera , arca , * , gamelan , *
binatang : musang , beruang , harimau , * , zebra
perkakas : palu , kikir , * , * ,*
bunga : lupa semua

soalnya bgini
apa kata yang berawalan dari G ?
a.burung b.kesenian c.binatang d.perkakas e.bunga
nah begitu.

setelah itu kita menggambar di wartegg test, ada 8 kotak dan ada gambar yang sedikit lalu kita lanjutkan untuk digambar.gambarlah yang berguna 'katanya'.setelah itu berilah nomor 1,2,3,4 dan 8,7,6,5.
maaf masih blm bisa ngeupload gambarnya.



gambar selesai dilanjutkan dengan menggambar pohon, pohon yang digambar harus pohon berkambium dan berbuah biar bagus.hahaha



gambar ketiga ialah menggambar orang.gambarlah orang yang sedang melakukan kegiatan jangan gambar orang yang berukuran pas photo dan yang aneh2 lainnya.setelah itu kita di beritahu untuk mengisi nama, umur, sedang apa gambarnya, beri kelebihan dan kekurangan.berilah umur yang produktif jangan yang tua dan yang muda.



kalo dibagian saya, kita disuruh untuk menuliskan pengalaman dengan cara menulis tegak bersambung.mendengar itu hati ku sedih, sudah tulisan jelek ga bisa lagi nulis tegak bersambung.jadi latihlah dari sekarang, takutnya ada lagi.

nah ini bagian yang aga menguras otak, yaitu tes pauli dimana tes ini hanya menambahkan 1 digit angka dengan angka yang lainnya, tetapi angkanya itu loh kaya semut yang sedang nyari makan banyak dan rapih. mungkin bisa cari gambarnya dan berlatih agar kita bisa stabil dalam pengisiannya.



setelah itu ada tes kepribadian kayanya karna jawabannya tak ada yang benar atau salah dan hanya ada 2 piliha yang sesuai dengan kita.jadi pilihlah yang sesuai dngan kita.

segitu pengalaman saya maaf bila kata2nya amburadul dikarenakan saya kurang ahli dalam hal mencatat seperti ini.hahaha.
jangan lupa untuk sarapan dan minum yang cukup, dikarenakan tes dilaksanakan dari pagi hingga sore hari. konsentrasi pada tiap soal dan jangan terpengaruh oleh teman sebelah kita. berdoalah yang terpenting.

semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar